Sabtu, 17 September 2011

Mengenal Istilah elektro.

 Di dunia elektro, ada kata-kata yg mungkin sebagian teman2  sudah ada yang ngerti atau belum.. Bagi yang sudah paham, ya bagi2 ilmunya dong, dan tolong bantuin penjelasan dan koreksi, kalo ada yang salah..karena saya jg masih belajar..trimakasih semua..Siaaap grak...


VOLTAGE

Biasanya disebut volt, adalah satuan dari tegangan listrik atau setrum. Inisialnya dirumus [ V ].. Contohnya listrik PLN yg biasa buat nyalain tv kalo lagi nonton sinetron, bertegangan 220v..berarti tinggi setrum yg lewat di jaringan listrik rumah kita ya segitu, tapi nyatanya strum dirumah ngga sampe segitu..cuma 180v kadang 170v. Kemana sisa 40 sampai 50voltnya? yah kita sama2 tau lah..kan Indonesia.. Lho ko tau strumnya segitu? kan udah diajarin cara ngukurnya..nanti mbahas caranya..

Jadi alat elektronika punya kita jg harus menyesuaikan tinggi tegangannya sesuai listrik PLN. Kalo nggak, bisa rusak atau ngga bisa pake. Coba tengok tempelan stiker dibelakang tv atau kipas angin.
contoh stiker pemberitahuan belakang tv..AC 220V-240V

Contoh digambar menunjukan AC 220-240v, berarti unit elektronik ini mampu bekerja dengan baik bila di beri setrum 220v dan batasan maksimalnya 240 volt..Lha berarti kalo setrum dirumah cuma 170v, ngga bisa dong?. Tenang, ngga usah bingung. Kalo mang tv udah dbeli ga usah di balikin ke tokonya. Lagian di bon pembelian ditulis "brg yg sdh di beli tdk dpt di tukar/di kembalikan" jd ngga bisa di pulangin juga. Biasanya tetap bisa digunakan di tegangan 170v..Ko bisa?
       Begini, unit elektronik yg berdaya rendah sperti tv, dan dvd model sekarang menggunakan sistem AC MATIC SWITCHING POWER SUPPLY. Sistem power supply ini bisa otomatis menghasilkan tegangan keluaran yang stabil walaupun setrum masuKan dari listrik PLN turun naik. biasanya toleransinya antara AC 160v sampai 240v..

Tapiii untuk unit listrik berdaya start tinggi seperti pompa air, lampu neon ballas trafo, magic com, strika (pokoknya alat pemanas) harus sesuai tegangan. Kalau nggak, akan terasa unit tdk bkrja maksimal. Jetpump bisa2 nggak kuat nyedot air, masak nasi bisa lama matengnya atau ngga mateng2 keburu laper karena kurang setrum panasnya jadi kurang. Lampu neon ballas trafo juga cuma byar-pet byar pet doang ngga melotot-melotot.
Ada alat khusus untuk menstabilkan tegangan namanya STABILISATOR/STABILIZER/STAVOLT. Jadi tegangan AC yang keluar dari alat tersebut tetap 220v walaupun masukan tegangan dari PLN turun hingga 140v atau naik hingga 250v. Alat ini sangat dibutuhkan di daerah kampung atau pelosok ndeso, yg jauh jaringan listriknya dari pusat gardu. Banyak yg jual kok. Beli di toko listrik atau di toko komputer,
Jangan di toko beras apalagi di tukang kembang..ok

 

1 komentar:

  1. Jika saya mempunyai Home Theater dengan daya 1000 watt,,,sedangkan rumah saya mempuyai daya hanya 900 watt...apakah akan mempengaruhi kinerja Home Theater atau bahkan akan merusaknya???

    maksih

    BalasHapus